Les Privat

Inilah Perbedaan Bimbel, Kursus, dan Les Privat Sekolah Internasional yang Wajib Diketahui

kegiatan belajar lebih fokus dan fleksibel dengan les privat

Akhir-akhir ini, semakin banyak berbagai macam bimbel, kursus, hingga les yang bermunculan di tengah masyarakat. Meskipun terlihat sama, ternyata bimbel, kursus, hingga les privat memiliki perbedaannya masing-masing.

Agar orang tua tidak menjadi bingung, berikut ini adalah pengertian bimbel, kursus, dan les privat sekolah internasional:

  • Bimbel

Bimbel atau bimbingan belajar, biasanya dilaksanakan di lembaga les itu sendiri, dengan metode belajar yang mirip dengan metode belajar di sekolah, di mana seorang tentor mengajar di sebuah ruangan kelas dengan jumlah siswa yang bervariatif. Biasanya berjumlah sekitar 20 orang siswa saja.

Setiap lembaga bimbel menyediakan berbagai macam jenis kelas dengan harga yang berbeda-beda pula. Tentu saja, semakin sedikit siswa yang hadir, maka biaya yang dikeluarkan pun juga semakin banyak pula.

Kelebihan dari bimbel ialah di mana materi yang diberikan oleh tentor sesuai dengan materi yang diajarkan di sekolah. Selain itu, siswa tidak perlu lagi mengatur jadwal bimbel karena manajemen jadwal merupakan tanggung jawab lembaga bimbel.

  • Kursus

Berbeda dengan bimbel yang meningkatkan kemampuan akademik, kursus lebih berfokus pada peningkatan kemampuan soft skill siswanya.

Macam-macam kursus yang ada di tengah masyarakat antara lain kursus menyetir, komputer, musik, berenang, dan lain sebagainya.

Pada kursus sendiri, tidak hanya siswa sekolah saja yang bisa mendaftar. Mahasiswa hingga kalangan umum seperti pegawai kantor pun bisa mengikuti kursus, sesuai dengan syarat dari lembaga kursus itu sendiri. Biayanya pun terbilang cukup terjangkau, tergantung dari jenis kursus itu sendiri.

  • Les Privat Sekolah Internasional

Les privat sekolah internasional hampir sama seperti bimbel. Perbedaannya, les privat hanya dilaksanakan oleh satu orang siswa saja. Umumnya, les privat dilaksanakan di rumah siswa tersebut, dimana tentor yang mendatangi rumah siswa.

Les privat sendiri memiliki mekanisme yang lebih intens yang membuat siswa menjadi lebih cepat fokus kepada materi yang disampaikan tentor. Selain itu, jadwal les dan mata pelajaran yang diinginkan dapat diatur secara fleksibel sesuai kebutuhan siswa.

Itulah beberapa perbedaan antara bimbel, kursus, dan les privat sekolah internasional. Dengan demikian, diharapkan Anda menjadi semakin mengerti mengenai kebutuhan untuk sang buah hati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *