Bearing

Cara Merakit SKF Bearing Terbaik

ilustrasi skf bearing

SKF bearing adalah bagian part kendaraan. Bearing sendiri memiliki peran penting pada mesin motor. Bantalan atau bearing ini berfungsi untuk menopang poros, agar porosnya tidak mengalami gesekan terlalu tinggi. Tetapi, kalau terjadi kesalahan pada saat memasang maka bearing akan prematur. Dengan memasang bearing yang benar akan lebih menghemat anda.

Komponen-komponen Bearing

Bearing memang didesain dengan sangat simpel  dan  tahan lama. Biasanya bearing terletak pada tempat yang tidak bisa langsung dilihat saat melakukan perawatan kendaraan. Secara umum,  berikut ini  beberapa komponen yang ada pada SKF bearing.

  1. Dua Buah Cincin dan Ring dengan Jalur (Riceway)

Hal ini berfungsi untuk menahan bola untuk tetap bertahan di tempat yang sama.  Terbuat dati bahan material yang cukup keras, seperti baja atau crome. Hal ini membuat kekuatannya memengaruhi beban yang diterima dan masa pakainya. 

  1. Komponen Yang Berputar atau bergulir

Komponen ini bisa berbentuk seperti bola, roller, silinder, cone, atau needle yang keras. Beberapa bentuk tersebut bisa terbuat dari bahan keramik atau plastik.

  1. Cage Sarang Atau Rumah

Komponen yang ini berfungsi untuk menjaga bola  atau silinder pada tempatnya agar tidak saling bertabrakan. 

  1. Seal Atau Penutup

Komponen satu ini ada yang memakainya dan ada yang tidak. Komponen ini berfungsi untuk menjaga pengotornya untuk tetap bersih.

Cara Pemasangan SKF Bearing yang Baik

  1. Pemasangan Secara Mekanikal

Pemasangan secara mekanikal akan dilakukan dengan cara memasukan bearing  ke dalam as ataupun housing dengan memukul-mukul. Namun, pemukulan ini harus benar. Bila kekuatan memukulnya tidak merata ke semua bagian  bearing, sudah dipastikan itu cara memukul yang salah. Bisa saja ukuran pemukul jauh lebih besar dari bearing. Cara pemukulan yang benar adalah dengan cara menggunakan pukulan dengan ukuran yang sama 

  1. Pemasangan Secara Pemanasan

Cara pemasangan bearing menggunakan  mekanikal memang sangat praktis. Namun, untuk ukuran as yang sangat panjang, cara mekanik akan menyita banyak tenaga. Pemasangan dengan cara pemanasan ini bisa dilakukan dengan pemanasan langsung atau las, mencelupkan bearing ke dalam oil panas, dan menggunakan oven panas. Sayangnya, cara ini tidak cocok digunakan untuk bearing SKF.  Memanaskan SKF dengan ketiga metode dari terlalu rentan karena terlalu panas. 

Untuk pemanasan SKF secara efektif telah membuat alat pemanas sendiri menggunakan tenaga induksi elektromagnetik. Alat tersebut hanya akan memanaskan bagian ring dengan temperatur yang stabil.

  1. Pemasangan Metode Hidrolik

Metode ini sudah ada  pada tahun 1940an. Sejak saat itu metode hidrolik menjadi sangat terkenal.  Sampai saat ini metode hidrolik masih terus berkembang. Dengan menggunakan metode hidrolik, pemasangan akan mudah, sangat cepat, dan persisi.

Demikian adalah cara-cara merakit SKF bearing yang baik. Anda dapat mengaplikasikan cara tersebut kepada mesin anda agar mesin dapat tahan lebih lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *