Kesehatan

Beberapa Alasan Penting Mengapa Harus Cek Kesuburan Sebelum Menikah

Ilustrasi Biaya Cek Kesuburan Wanita

Sebelum menjelang pernikahan, biasanya pasangan akan lebih sibuk menyiapkan berbagai hal. Mulai dari dekorasi, make up, baju dan masih banyak hal lagi. Tanpa mereka sadari, jika salah satu hal yang sangat penting telah mereka lewatkan. Salah satunya adalah biaya cek kesuburan wanita sebelum menikah. Karena dengan mengetahui kesehatan dari pasangan masing-masing, akan lebih mudah untuk mencegah atau menangani masalah kesehatan yang terjadi pada keduanya.

Selain itu tes kesuburan merupakan salah satu jenis tes yang dilakukan sebelum menikah, untuk memastikan apakah ada organ-organ reproduksi pada wanita maupun pria terhindari dari beberapa penyakit dan mendukung adanya kehamilan secara alami. Dengan begitu, proses kehamilan dapat berjalan maksimal dan diharapkan mempunyai keturunan yang sehat.

Pada tahap ini, pemeriksaan tidak hanya dilakukan oleh wanita, tetapi dilakukan oleh pria. Dan biaya cek kesuburan wanita yang paling utama dilakukan adalah pemeriksaan sperma. Hal ini dilakukan dengan cara mengambil beberapa sampel air mani, ada juga pemeriksaan hormon biasanya untuk memastikan apakah dia memiliki hormon testosteron yang baik atau tidak, ada juga rangkaian pemeriksaan tes USG yang dilakukan oleh pria untuk mendeteksi apakah terdapat gangguan pada alat reproduksi pria atau tidak.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar mempunyai tingkat kesuburan yang sehat. Yang pertama dan paling utama adalah melakukan pola hidup sehat, karena dengan menjalankan pola hidup sehat akan menghasilkan suatu hormon testosteron dan meningkatkan kualitas air mani. Mengurangi konsumsi alkohol, mengurangi rokok karena rokok mempunyai zat nikotin yang membuat orang dapat kecanduan. Tidak stress atau mengalami banyak tekanan dan menjaga berat badan.

Sebenarnya, tidak jauh berbeda dengan pola hidup yang dilakukan oleh wanita. Tetapi yang membedakan hanyalah beberapa jenis makanan yang seharusnya dikonsumsi oleh pria. Beberapa diantaranya adalah Tiram, gandum utuh, jamur, telur, kacang dan biji-bijian. 

Tiram mempunyai zat yang bernama zinc dan seng, dimana kandungan tersebut dapat meningkatkan jumlah sperma. Gandum utuh sangat dianjurkan apalagi ketika sedang menjalani program hamil, karena mengkonsumsi gandum dapat menyuburkan atau menambah sperma yang akan diproduksi. Pada intinya makanan diatas memang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi, karena makanan tersebut mempunyai zat yang sangat menguntungkan bagi pria.

Jika membicarakan soal biaya cek kesuburan wanita yang akan dikeluarkan untuk program tes kesehatan sebelum menikah yaitu sangat relatif. Murah atau mahal itu tergantung pada klinik dan layanan rumah sakit yang akan dikunjungi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *