Kesehatan

Bagaimana Cara Menghitung Masa Subur Menggunakan Kalender Masa Subur? Simak Di Bawah Ini!

Ilsutasi seorang wanita hamil sedang mengakses aplikasi kalender masa subur

Tidak hanya memanfaatkan kalkulator saja, namun anda juga bisa menghitung masa subur menggunakan kalender lho. Namun yang menjadi pertanyaannya adalah bagaimana menghitungnya menggunakan aplikasi kalender masa subur? Simak di bawah ini. 

Temukan Siklus Haid Rata-Rata

Nah, perhitungan masa subur dapat anda mulai dengan cara menandai siklus menstruasi agar memperoleh siklus rata-rata. Anda perlu menandai hari pertama dan hari terakhir ketika menjelang periode menstruasi berikutnya. Nah, jumlah hari tersebutlah sebagai siklus menstruasi. Anda dapat menggunakan kalender masa subur di ponsel pintar ataupun yang berbentuk fisik, ya. 

Untuk memperoleh siklus menstruasi secara tepat, anda disarankan agar rutin menandainya 6 hingga 12 bulan. Jika sudah memperoleh datanya, anda dapat menemukan rata-rata dari panjang siklus menstruasi. Contohnya, siklus menstruasi anda bervariasi, yaitu di antara 28, 32, dan 27 hari. Maka anda dapat  menemukan siklus rata-rata:

(28+32+27) : 3 = 29 hari.

Dengan begitu, siklus menstruasi anda rata-rata berlangsung 29 hari, ya!

Melacak Waktu Ovulasi serta Hari Paling Subur

Melalui siklus rata-rata tersebut, anda dapat melacak waktu ovulasi maupun hari-hari paling subur agar dapat berhubungan intim. Di bawah ini merupakan patokan yang ditetapkan Your Fertility.

  • Siklus menstruasi yang terjadi sekitar 28 hari

Terjadinya ovulasi akan dimulai sekitar hari ke-14. Yang mana hari-hari paling subur terjadi di hari ke-12, 13, maupun hari ke-14.

  • Siklus menstruasi yang terjadi sekitar 35 hari

Terjadinya ovulasi akan dimulai sekitar hari ke-21. Yang mana hari-hari paling subur terjadi di hari ke-19, 20, maupun hari ke-21.

  • Siklus <21 hari

Terjadinya ovulasi akan dimulai sekitar hari ke-7. Yang mana hari-hari paling subur terjadi di hari ke-5, 6, maupun hari ke-7.

Siklus Menstruasi dan Ovulasi

Nah, penggunaan kalender masa subur agar dapat menghitung masa subur tentunya didasari pada panjang siklus menstruasi anda maupun perkiraan waktu ovulasi. Panjang siklus yang memang dianggap normal adalah antara 21 serta 35 hari. Mereka bisa bervariasi dari tubuh seorang wanita terhadap satu siklus ke siklus selanjutnya. Sedangkan ovulasi merupakan tahapan ketika ovarium anda melepaskan sel-sel telur yang sudah matang. 

Nah, tahapan ovulasi inilah yang berhubungan dengan masa subur anda. Biasanya masa subur akan terjadi sekitar 5 hari menjelang terjadinya ovulasi. Jika siklus menstruasi serta ovulasi telah diketahui, baru kemudian anda dapat menemukan waktu terbaik untuk berhubungan intim supaya segera hamil

Bisa dikatakan bahwa kalender yang dihitung dan mengenali berbagai tanda-tandanya mungkin bisa terasa merepotkan pada awal-awalnya. Tetapi seiring berjalannya waktu anda akan terbiasa dengan hal ini. Terlebih lagi menghitung masa subur melalui aplikasi kalender masa subur sangat bermanfaat untuk anda yang ingin melakukan program hamil. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *