Pendidikan

Pendaftaran Masuk Sekolah Dengan Sistem PPDB Online 2021

Ilustrasi Pendaftaran Masuk Sekolah

Karena terjadinya pandemi di di Indonesia dan di seluruh dunia ada banyak yang harus di rubah dan dipertimbangkan sebagai efek dari pandemi yang terjadi ini. Salah satu adalah perubahan pada pendaftaran masuk sekolah yang pada 2020 telah diluncurkan sistem PPDB online agar mengurangi kerumunan dan memberikan kemudahan dalam mendaftar sekolah dari rumah saja.

PPDBonline adalah metode pendaftaran sekolah yang dilakukan secara online mulai dari jenjang SD sampai SMK yang berbeda-beda di setiap daerahnya. Perbedaan tersebut berupa perbedaan persyaratan atau kebijakan dan ketentuan menyesuaikan dari setiap daerah di Indonesia.

Kebijakan untuk PPDB online ini sebenarnya sudah diatur oleh kementerian Kemendikbudristek dalam Permendikbud nomor 51 tahun 2018. Untuk menghadapi kemajuan teknologi yang semakin berkembang memang sudah dibuat sistem PPDBonline untuk memudahkan pendaftaran masuk sekolah di seluruh Indonesia.

Arus Dan Jalur Seleksi PPDB Online

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan terlebih dahulu untuk memulai proses dalam penerimaan peserta didik baru secara online. Simak berikut ini rincian dan jalur saksinya :

  1. Pengajuan Akun, Di Website Resmi PPDB Online Setiap Daerah

Karena adanya perbedaan regulasi di setiap daerah maka pembuatan website untuk sistem PPDBonline ini juga berbeda-beda di setiap daerahnya, Anda harus jeli dalam memilih website resmi setempat. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuat akun PPDB terlebih dahulu atas nama anak  yang akan mendaftar sekolah.

Untuk mengajukan akun ini caranya adalah dengan mendaftar di website resmi PPDBonline di daerah. Anda juga bisa melakukan konsultasi dengan pihak dinas Pendidikan setempat. Setelah itu Anda akan mendapatkan sebuah token untuk dilakukan langkah selanjutnya yaitu aktivasitoken.

  1. Pilih Sekolah

Setelah berhasil melakukan aktivasitoken dan mendapatkan akun, lakukan login pada website resmi PPDBonlin. Pada website resmi ini anda akan menemukan pilihan untuk memilih sekolah yang akan dituju. Pilihlah sekolah sesuai dengan keinginan anak, biasanya pada pemilihan sekolah ini ada peraturan yang mengharuskan anak bersekolah pada lingkungan jarak tertentu dan tidak boleh mengambil sekolah yang di luar jarak tersebut. Sistem ini dinamakan sistem zonasi.

  1. Proses Seleksi

Proses sekali PPDBonline itu biasanya dalam bentuk tertulis yang dilakukan di sekolah tujuan namun efek dari pandemi yang menggunakan sistem PPDBonline. Proses seleksi yang berupa tes tulis dan tes-tes lainnya sesuai kebijakan sekolah dilakukan secara online melalui websitePPDBonline tersebut.

Setelah melakukan proses seleksi anda hanya perlu menunggu pengumuman hasil seleksi yang akan diberikan nanti oleh pihak sekolah. Jika anak Anda masuk dan terpilih di sekolah tersebut maka anda harus melakukan lapor peserta didik ke pihak sekolah yang bersangkutan untuk kemudian melakukan proses administrasi dan lain sebagainya.

Melakukan pendaftaran masuk sekolah secara online dalam sistem PPDB online ini memang sebenarnya sangat memudahkan karena dapat dilakukan dirumah tanpa harus ke sekolah. Selain itu semua proses seleksi dan tahapan masuk sekolah juga lengkap tersedia dalam website PPDB online termasuk profil sekolah yang akan dituju dan keunggulan-keunggulannya dari sekolah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *