Keuangan

Perlu Meminjam Uang ke Teman Karena Terdesak? Perhatikan Beberapa Hal Berikut

Anda sedang butuh uang dan berencana untuk meminjam uang kepada teman Anda? Perlu diingat kalau situasi pinjam-meminjam ini kerap menjadi penyebab hubungan pertemanan renggang.

Oleh karena itulah sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut sebelum Anda melakukan pinjaman kepada teman Anda.

  1. Pinjamlah Saat Situasi Anda Benar-Benar Darurat

Sekarang ini, banyak orang yang meminjam uang hanya untuk memenuhi keinginan dan gaya hidup yang sebenarnya bukanlah merupakan kebutuhan yang utama atau mendesak. Situasi ini tentu akan membuat kesal sang pemberi pinjaman yang memiliki niat untuk menolong.

Sebaiknya, Anda meminjam uang ketika situasi Anda benar-benar dalam keadaan darurat misalnya ketika baru saja kehilangan pekerjaan dan membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup selama beberapa waktu.

  1. Perhatikan Kondisi Finansial Teman Anda

Hal penting lainnya yang perlu Anda perhatikan sebelum meminjam uang dari teman Anda adalah kondisi finansial teman Anda. Ingatlah untuk tidak meminjam kepada teman yang kondisi keuangannya juga kurang baik.

Sebaiknya, sebelum meminjam, Anda bertanya baik-baik kepada teman Anda terlebih dahulu mengenai kondisinya dan pastikan Ia tidak keberatan untuk meminjamkan uang kepada Anda.

  1. Berbicaralah Dengan Sopan Ketika Meminjam

Banyak terjadi kasus, dimana peminjam berbicara dengan seenaknya atau tidak sopan kepada pemberi pinjaman yang membuat suasana menjadi tidak nyaman.

Meskipun yang Anda ajak bicara adalah teman, sebaiknya tetap gunakan bahasa yang sopan dan tidak membuatnya tersinggung.

  1. Tidak Menyalahgunakan Kepercayaan

Sebaiknya Anda tidak menyalahgunakan kepercayaan teman yang sudah bersedia membantu Anda. Selain meminjam di saat benar-benar kesulitan, Anda juga perlu untuk memastikan kapan Anda akan mengembalikan uang tersebut, terutama jika jumlahnya cukup besar.

Anda bisa membuat surat perjanjian mengenai kapan Anda akan mengembalikan uangnya atau membayar dengan sistem cicilan jika dirasa masih belum bisa langsung melunasinya.

Metode manapun yang Anda pilih pastikan untuk menepatinya

  1. Tidak Marah Ketika Ditagih

Banyak situasi dimana pihak peminjam akan marah dan menjadi lebih galak ketika ditagih oleh pemberi pinjaman. Sebaiknya hindari sikap tersebut, jika Anda memang masih dalam situasi yang belum memungkinkan untuk mengembalikan uang yang ANda pinjam kepada teman Anda, sebaiknya bicarakan dengan jujur.

  1. Tidak Lupa Berterima Kasih Kepada Teman Anda

Jangan pernah lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada teman Anda baik ketika mereka memberi Anda pinjaman maupun ketika mereka tidak bisa memberikannya

Etika dan sopan santun merupakan sikap yang selalu dilakukan kepada siapa saja. Ketika Anda bersikap baik maka akan ada kebaikan lain juga yang akan datang kepada Anda.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika akan meminjam uang kepada teman. Jangan sampai lupa untuk mengembalikannya ya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *