Rumah

Lebih Murah Dari Kredit Pemilikan Rumah, Ini Cara Beli Rumah Setengah Harga

Ilustrasi rumah

Jika anda berpikir, memiliki rumah dengan kredit kepemilikan rumah adalah cara paling mudah dan murah, anda mungkin belum tahu tentang Over kredit rumah. Cara ini memungkinkan anda memiliki rumah hanya dengan membayar setengah harga. Kok bisa? Simak penjelasan berikut ini.

Over kredit rumah adalah proses pembelian rumah yang masih dalam masa cicilan, dengan kata lain anda mengambil alih tanggungan cicilan rumah pemilik sebelumnya. Cara ini secara resmi diatur dalam Keputusan Menteri Negara Perumahan Rakyat Nomor 09/KPTS/M/1995, sehingga prosesnya dilindungi secara hukum.

Dalam pelaksanaannya, anda bisa memilih ingin melakukan over kredit melalui bank atau melalui notaris. Meskipun tidak seaman melalui bank, namun proses melalui notaris cenderung lebih cepat. 

Meski begitu, karena sertifikat rumah masih atas nama pemilik sebelumnya, anda disarankan tetap melakukan pelaporan ke bank. Hal ini dilakukan untuk menghindari kecurangan atau penipuan oleh pemilik rumah sebelumnya saat over kredit rumah.

Penting Untuk Anda Lakukan

Meski terdengar mudah, namun anda tetap harus berhati-hati. Sama seperti saat mengajukan kredit rumah ke bank, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan saat melakukan over kredit ini. Berikut adalah penjelasannya.

  • Memastikan Kelengkapan Izin dan Surat-surat

Sama seperti melakukan kredit kepemilikan rumah di bank, sebelum melakukan over kredit, anda harus memastikan rumah yang akan anda beli bebas dari sengketa dan memiliki kelengkapan surat yang sah. 

Anda juga mesti teliti dalam membaca Perjanjian Pengikat Jual Beli. Pastikan apa yang tertulis di PPJB sesuai dengan kondisi kenyataan di lapangan.

  • Cek History Pembayaran Pemilik Sebelumnya

Ini penting untuk mengetahui apakah pemilik lama memiliki masalah dalam membayar angsuran atau kredit macet. Untuk memastikannya, Anda bisa bertanya alasan pemilik lama mengalihkan cicilannya atau bisa langsung memeriksa ke bank. 

Cara over kredit rumah ini dilakukan semata-mata untuk melindungi anda dari masalah penunggakan angsuran atau penumpukan bunga yang tidak dibayar oleh pemilik sebelumnya.

Keuntungan Membeli Rumah Dengan Over Kredit

Keuntungan utamanya adalah harga rumah akan jauh lebih murah. Hal ini karena sebagian cicilan sudah dibayar oleh pemilik sebelumnya. Bank juga akan menghitung anda sebagai kredit baru, sehingga bunga yang anda terima juga akan lebih rendah.

Keuntungan selanjutnya adalah anda akan lebih mudah melakukan proses balik nama. Meski masih ada dalam jaminan bank, anda tetap bisa melakukan proses ini. Setelah perjanjian disepakati, sebaiknya anda langsung melakukan balik nama sertifikat rumah. Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan saat over kredit rumah.

Kemungkinan Risiko

Karena proses over kredit lebih mudah dari kredit kepemilikan rumah, anda harus ekstra hati-hati dalam memilih kreditur untuk menghindari risiko seperti penipuan oknum, kredit macet dan tunggakan bunga yang menumpuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *